Cara Jualan Online di Facebook dengan Sukses

Cara Jualan Online di Facebook dengan Sukses - Dewasa ini lagi ngetrend tentang cara jualan online. Jika dulu orang masih berjualan secara offline, maka sekarang dengan hadirnya internet dan segala kemajuan teknologi lainnya cara jualan offline pun dikombinasikan dengan cara jualan online. Ya, dengan cara jualan online artinya kita bisa menambah daya jangkau pemasaran produk kita hingga ke seluruh Indonesia bahkan ke seluruh dunia.

Alasan Jualan Online Diminati Oleh Banyak Pebisnis


Well, selain jangkauan yang luas, jualan online masih memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan jualan offline, salah satunya adalah kemudahannya. Jualan online bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun selama ada koneksi internet yang bisa membuat Anda online.

Bukan hanya internet, ketika Anda jualan melalui sms atau telepon itu juga sudah bisa dikategorikan sebagai jualan online. Kemudahan dalam berjualan online inilah yang harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, apalagi jika Anda sudah mempunyai usaha di bidang offline, maka tinggal mengembangkan saja sehingga bisa meningkatkan sales produk atau jasa Anda.

Alasan yang kedua adalah biaya. Jika Anda berjualan secara offline maka Anda harus dipusingkan dengan yang namanya sewa tempat, sewa karyawan, dan lain-lain. Hal ini berbeda jika Anda berjualan secara online, biaya yang harus Anda keluarkan relatif lebih kecil jika dibandingakan dengan jualan secara offline. Anda hanya memerlukan yang namanya laptop dan koneksi internet untuk menjalankan bisnis Anda.

Selain kemudahan dan biaya, berjualan secara online lebih diminati karena hemat waktu dan tenaga. Jam kerja Anda tidaklah baku seperti jam kantor ada umumnya, Anda bisa menjalankan bisnis Anda kapan pun Anda mau. Anda juga tidak perlu jauh-jauh pergi ke lokasi Anda biasa berjualan karena berjualan secara online bisa dilakukan dimana saja, bahkan di atas kasur pun bisa!.

Tempat Jualan Online


Jika jualan secara offline membutuhkan sewa tempat, maka sebenarnya jualan online pun juga membutuhkannya. Umumnya, berjualan secara online adalah dengan menggunakan web dimana ini berarti kita membutuhkan sewa hosting dan domain. Sementara lokasi jualannya ada banyak, ada yang di search engine (berusaha untuk masuk di halaman pertama mesin pencari), ada yang di market place (jualan online di kaskus) ada juga yang di social media (jualan online di facebook atau twitter).

Selain ketiga tempat jualan online diatas, ada juga yang memanfaatkan bbm sebagai tempat jualan online. Semua tempat jualan online diatas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sama halnya dengan pilihan jualan offline, ketika Anda berjualan secara offline maka Anda dihadapkan pada pilihan dimana lokasi jualan yang strategis? Apakah di pasar tradisional, mall, pinggir jalan, atau pasar malam?.

cara jualan online di facebook

Jualan Online di Facebook


Salah satu trend jualan online yang lagi hangat akhir-akhir ini adalah jualan online di facebook. Ya, walaupun merupakan social media, ternyata facebook juga memiliki potensi yang sangat besar untuk dijadikan tempat jualan online.

Apa sih yang membuat jualan online di facebook begitu diminati? Alasan utama adalah karena pengguna facebook sendiri sudah menyentuh angka 1 Miliar dimana Indonesia merupakan negara dengan pengguna facebook terbesar. Dengan jumlah yang begitu besar maka facebook merupakan tempat jualan online yang lumayan gurih untuk menambah jangkauan promosi Anda.

Selain itu, yang saat ini lagi booming juga adalah tentang efek viral marketing. Viral marketing inilah yang menjadi alasan lain mengapa facebook begitu menjanjikan sebagai tempat jualan online menguntungkan.

Jualan Online di Facebook dengan Viral Marketing


Apakah Anda sudah mengetahui apa itu viral marketing? Saya akan berikan contoh tentang apa itu efek viral. Misal ada si A yang mempunyai teman bernama si B. Si B berteman dengan si C yang merupakan seorang penjual busana muslim. Ketika si C melakukan update status tentang produknya, si B pun melihat dan berkomentar di status si C. Aktifitas si B (berkomentar di status si C) bisa terlihat di beranda si A (karena berteman dengan si B) sehingga si A yang awalnya tidak mengenal si C akhirnya menjadi tau dan mengenal si C.

Coba Anda bayangkan, bagaimana jika si C (sebagai penjual busana muslim dengan memanfaatkan facebook) mempunyai seribu teman dan sebagian besar temannya berkomentar di status si C. Tentu saja status si C ini akan cepat menyebar karena teman-teman si C juga mempunyai banyak teman. Tersebar begitu cepat layaknya virus yang mematikan hehehehe, makanya disebut sebagai viral marketing.

Memanfaatkan Fanpage Untuk Jualan Online di Facebook


Sayangnya, facebook membatasi jumlah pertemanan dengan jumlah maksimal 5000 teman saja. Hal ini tentu saja kurang efektif jika ternyata Anda menginginkan jangkauan yang lebih luas lagi.

Tapi tenang saja, facebook menyediakan yang namanya fanspage untuk menjembatani ini. Dengan fanspage Anda tidak memiliki batasan teman karena ini memang halaman yang dikhususkan untuk para fans. Ada banyak fanpage yang memiliki jumlah fans hingga mencapai ratusan ribu, bahkan jutaan, Wow! ini merupakan salah satu strategi marketing yang mantab.

Cara Jualan Online di Facebook dengan Sukses


So apa yang bisa kita simpulkan? Dengan memanfaatkan yang namanya fanpage dan strategi viral marketing, jualan online di facebook bisa menghasilkan profit yang amat sangat besar dan meningkatkan omzet bisnis Anda berkali-kali lipat.

Namun sayangnya, hal ini juga tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anda memerlukan beberapa usaha untuk meningkatkan jumlah like pada fanpage Anda seperti rutin melakukan update status, membangung komunikasi dengan para fans, membangun citra yang baik di mata para fans dan lain-lain. Hal ini tentu saja menyita waktu dan tenaga, alih-alih mendapatkan profit, Anda akan berkutat terus dengan fanpage Anda dan malah tidak bisa berkembang.

Untuk itulah, ada baiknya Anda menggunakan jasa dari fanspage-id. Agency yang satu ini memang mengkhususkan diri sebagai facebook specialist. Mereka menangani berbagai masalah bisnis Anda yang berhubungan dengan facebook seperti jasa like facebook, jasa mengelola social media, hingga memberikan pelatihan seputar bisnis di facebook.

Agency yang satu ini memang tidak diragukan lagi kredibilitasnya dan bisa membantu Anda untuk fokus di sales saja. Sudah banyak client-client mereka dari ukm hingga perusahaan ternama. Anda juga bisa mencoba jasa iklan facebook dari fanspage-id. Jangan habiskan waktu Anda, fokus saja pada penjualan karena tim dari fanspage-id yang akan mengerjakan semuanya. Tunggu apalagi? Jikan Anda berminat untuk menggunakan jasa agency ini silakan kik gambar di bawah ini

Posts related to Cara Jualan Online di Facebook dengan Sukses:

1 komentar:

Cuma Blogger mengatakan...

Sukses gan jualan online nya :)

Posting Komentar

 
 
Copyright © Toto og Tutu | | Full SEO Template
Klinik Hewan and Supplier Daging